Offline Defragmenting Database Active Directory Windows Server 2008

Standard

Active Directory menyimpan datanya pada sebuah file dengan nama ntds.dit. Secara default, file ini terletak di folder %systemroot%/NTDS. Sebagai tambahan terhadap penggunaan file database, Active Directory menggunakan file-file log yang menyimpan informasi tentang rekaman aktivitas dalam database.

Secara umum, sistem Active directory bersifat self-maintained, tetapi bisa jadi terdapat beberapa alasan bagi kita untuk tetap melakukan maintenance database:

  • Ruang hard disk yang makin menyempit
  • Kerusakan/kegagalan hardware
  • Kebutuhan untuk me-recover disk space

Dalam aktivitas operasional harian bisa saja terjadi terdapat satu atau beberapa objek yang dihapus dari Active Directory. Seiring dengan kemungkinan makin bertambahnya objek-objek baru dalam database, kita tidak dapat membuat database (shrink) ini agar menyusut ukurannya dengan sendirinya. Proses ini menghadirkan adanya “white space” / unused space dalam database kita.

Active Directory memiliki kemampuan untuk melakukan defragmentasi database untuk me-reorganize data. Hal ini dilakukan melalui Garbage Collection Agent. Proses garbage collection ini berjalan tiap 12 jam dan akan men-defragmentasi white space untuk meningkatkan performa. Proses ini di sebut sebagai online defragmentation. Online deframentation memang meningkatkan performa, tapi tidak melakukan klaim terhadap white space. Untuk dapat melakukan klaim terhadap white space, kita harus menjalankan offline defragmentation.

Kita dapat memiliki sejumlah besar white space jika kita pernah melakukan bulk deletion, atau bisa saja ketika kita backup system state ternyata ukurannya menjadi membesar secara drastis. Memindahkan Global Catalog dari satu domain controller ke domain controller lainnya juga akan menyebabkan terdapatnya sejumlah besat white space.

Kita dapat menentukan seberapa banyak space yang dapat direcover dengan mengubah level logging dari Garbage Collection Agent. Ada dua level logging yang tersedia:

  • 0 – hanya event-event critical atau event-event error yang di-log dalam directory service log.
  • 1 – High-level events di-log. Event ID 700 di-log/direkam saat proses defragmentasi dimulai, dan event ID 701 di rekam saat defragmentasi berakhir. Event ID 1646 melaporkan sejumlah white space dalam database dan jumlah total space yang tidak terpakai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s